Rabu, 27 Juni 2012

Menggabungkan File Dengan Peazip



Setelah saya membahas tentang menggabungkan file dengan hjsplit pada tutorial yang ada disini, sekarang saja akan memberikan alternatif lainnya.
Yaitu dengan menggunakan software open source yang bernama Peazip.
Sebenarnya software ini bukan hanya untuk menggabungkan file, fungsi utamanya adalah untuk mengarsipkan dan mengkompres file dengan berbagai dukungan format, termasuk format gzip dan bzip2 yang umum digunakan pada lingkungan linux.
Bahkan software ini bisa membaca file dengan ekstensi .deb dan .rpm yang umumnya merupakan file program yang ada dilingkungan linux turunan debian dan redhat.
Tanpa banyak basa basi langsung aja download filnya disini. Setelah download langsung install aja filenya. Karena software ini membutuhkan instalasi :)
Saya akan anggap kamu berhasil dalam penginstalan, karena instalasi software di windows itu gampang kan, hanya next, next, next, finish.
Setelah selesai tahap instalasi, maka akan muncul menu pada saat klik kanan pada file, seperti gambar dibawah ini :


Langsung aja klik menu extract here atau extract here (in new folder), maka proses pun langsung berjalan.


Perbedaan menu ini terletak dari hasil akhir. Menu extract here melakukan extract file sesuai dengan isi dari file langsung pada folder dimana tempat file itu disimpan, tapi jika extract here (in new folder), file di extract didalam folder baru yang bernama sama dengan file kompresi atau split pada tempat dimana file itu disimpan.
Keunggulan software ini, jika file yang di split adalah file kompresi seperti zip atau rar, maka software ini akan langsung membukanya juga. Jadi tidak perlu dua kali kerja seperti jika kita menggunakan hjsplit. :D
Dan sama seperti halnya hjsplit, file yang ingin digabungkan haruslah berada dalam satu folder yang sama.
Sekian dulu tutorial singkat, padat, dan tidak jelas ini :D
Semoga bermanfaat. Dan Terima kasih sudah membaca.



Untuk Mendownload tutorial ini dalam format pdf klik aja disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar berupa kritik atau saran. Terima kasih.